Sabtu, 11 Maret 2017

Tanaman yang Bermanfaat untuk Kesehatan

                                  5 Macam Tanaman yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

          kali ini saya akan membahas beberapa tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan kita. Dengan mengetahui ini, mungkin kita bisa menambah pengetahuan kita untuk memanfaatkan tanaman yang ada disekitar kita.

          Tanaman juga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat herbal atau alami. Karena seperti yang kita ketahui obat-obatan alami lebih baik untuk dikomsumsi karena lebih aman dibanding dengan mengkomsumsi obat dari bahan kimia.

          Tanaman obat merupakan segala jenis tumbuh-tumbuhan yang mempunyai khasiat atau kegunaan sebagai obat. Banyak bagian tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat, diantaranya adalah bagian buah, batang, daun, dan akar atau umbi. Oleh karena pentingnya tanaman-tanaman obat tersebut maka perlu kita mempelajarinya dengan baik sehingga dapat berdaya guna bagi kita.

          Karena dengan perkembangan teknologi pula, semakin banyak tanaman obat tradisional yang telah bisa dibuktikan khasiatnya secara laboratorium dan dijamin aman untuk dikonsumsi dan bisa menyembuhkan penyakit tanpa menimbulkan efek samping.

Berikut ini adalah 5 jenis tanaman yg bermanfaat untuk kesehatan kita,yaitu:

1. Kumis Kucing

          Tanaman yang bernama latin "orthosiphon aristatus" ini sering dimanfaatkan masyarakat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti penyembuhan infeksi kandung kemih, mengobati diabetes, rematik, baru ginjal dan asam urat.

2. Temulawak

          Tanaman ini sering menjadi ikon indonesia untuk obat-obatannya. Temulawak ini sering dijadikan sebagai obat sakit kuning, diare, maag, perut kembung, dan dan pegal linu.

3. Jahe

          Jahe adalah tanaman serba guna yang dapat digunakan sebagai bahan memasak, maupun juga bisa di olah untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti batuk, panas dalam, dan meningkatan kekebalan tubuh.

4. Kunyit

          Tanaman kunyit ini biasa sebagai bahan untuk membuat nasi kuning, juga biasa dimanfaat sebagai bumbu dapur dan sebagai bahan pewarna alami.
Manfaat kesehatannya seperti anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, menurunkan kadar lemak dan kolesterol.

5. Cengkeh

          Cengkeh adalah kuntum bunga kering yang dihasilkan dari pohon cengkeh yang kebanyakan berasal dari maluku. Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap makanan. tanaman juga bisa dimanfaat sebagai obat kuat untuk mengdongkrak stamina pria.

          Bagi para pembaca sekalian sekarang sudah semakincerdas dan  menggalakkan penggunaan tanaman obat karena melihat bahwa tanaman obat memiliki fungsi serta khasiat yang lebih ampuh dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Selain itu juga tanaman obat lebih mudah didapat dan diolah dengan teknologi yang lebih sederhana serta pembudidayaannya juga tidak memerlukan banyak biaya.

Itulah beberapa macam tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan, dan sebenarnya masih banyak lagi tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan, tapi mungkin akan kita bahas di lain artikel .Semoga artikel kali ini bermanfaat buat kita semua... salam sehat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar