Rabu, 08 Maret 2017

Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit
    manusia sangat merawat sekali kalo tentang kulit, karena manusia merawat kulit hampir setiap hari dengan merawatnya disalon kecantikan. Karena dengan kulit yang putih mulus akan menjadikan manusia percaya diri saat berpergian keluar. Untuk lebih jelasnya lagi tentang mengenai kulit mari simak ulasan yang ada dibawah berikut.

Pengertian Kulit


     Kulit ialah suatu organ terluar dari tubuh yang melapisi seluruh tubuh manusia. Berat kulitkira-kira sekitar 7 % dari berat tubuh total. Pada suatu permukaan luar kulit terdapat sebuah pori – pori (rongga) yang menjadi tempat keluarnya sebuah keringat. Kulit ialah suatu organ yang mempunyai banyak fungsi, yaitu untuk sebagai pelindung tubuh dari suatu hal yang dapat membahayakan, untuk alat indra peraba, salah satu organ yang memiliki peran dalam eksresi, untuk pengatur suhu tubuh, dll. Secara umum kulit memiliki 2 lapisan yaitu Epidermis (Kulit ari) dan Dermis (Kulit Jangat) serta terdapat suatu lapisan lemak bawah kulit (Hipodermis) yang sering didengar dan selalu dibahasDari beberapa sumber mengatakan bahwa suatu lapisan lemak bawah kulit termasuk ke dalam sebuah lapisan kulit, yang tidak dipisahkan dalam pengelompokkan lapisan kulit tersebut.

       Kulit adalah salah satu organ paling penting dari tubuh kita. Seiring berjalannya waktu, kualitas kulit mulai memburuk, dan sel kulit mulai mati. Kebaikan dan kesegaran kulit secara bertahap mulai memudar. Orang yang tidak menjaga perawatan yang tepat dari kulit mereka sering mengeluh rasa gatal dan ruam. Maka sangat penting merawat kesehatan kulit sejak dini.
Jenis-Jenis Tipe Kulit
Ada beberapa jenis tipe kulit, semua memiliki perawatan yang berbeda
  •   kulit berminyak cenderung lebih rentan terhadap jerawat,
  •   kulit kering cenderung lebih rentan terhadap goresan dan ruam.
nah berikut  ini adalah penjelasan dari fungsi kulit yaitu;

Fungsi Kulit

1. Untuk Pelindung tubuh dari berbagai ancaman
Dengan adanya kulit pada tubuh yang menjadi bagian terluar tubuh, maka tubuh ini dapat bisa terlindung dari berbagai macam ancaman yang seperti mikroorganisme yang berbahaya, sinar matahari, untuk mengurangi kerusakan akibat terbentur, serta untuk melindungi kontak langsung dengan zat kimia.

2. Sebagai Indra Peraba
Pada kulit terdapat banyak ujung – ujung persarafan tubuh, oleh sebab itu ketika mendapat suatu rangsangan, kita dapat merasakaanya melalui tubuh. misalnya seperti rangsangan sentuhan, panas, dingin, nyeri, dll.

3. Sebagai Alat Eksresi
Kulit ialah untuk tempat keluarnya suatu keringat, keringat ini ialah sisa metabolisme yang terdiri atas berbagai suatu unsur yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Kulit mengeluarkan sekitar 1 liter keringat dalam sehari, keringat tersebut dikeluarkan dari pori – pori (rongga kecil pada permukaan kulit).

4. Sebagai Pengatur Suhu Tubuh
Kulit berfungsi untuk terus menjaga agar suhu tubuh tidak dipengaruhi oleh suhu suatu lingkungan, artinya harus tetap diusahakan suhu tubuh tidak akan berubah meskipun terjadinya suatu perubahan suhu lingkungan. Proses ini dilaksanakan dengan menyeimbangkan antara suatu pengeluaran dan pemasukkan panas tubuh oleh kulit. Normalnya suhu tubuh manusia kira-kira antara 36,6 – 37,2 derajat celcius, dan suhu kulit lebih rendah sedikit dari suatu suhu tubuh.

5. Sebagai Penyimpan Lemak 

Kulit pada bagian bawah lapisan dermis kulit ini memiliki peran sebagai tempat penyimpanan suatu lemak. Lemak ini disimpan dalam bentuk tetes-tetes lemak, dan lemak akan digunakan apabila akan diperlukan, contohnya ketika dibutuhkan suatu energi lebih, lemak akan dijadikan energi karena memiliki fungsi sebagai cadangan energi.

6. Sebagai Tempat Pembuatan Vitamin D
Kulit juga sebagai tempat pembuatan vitamin DKarena Pada Kulit terdapat provitamin D yang berasal dari suatu makanan, dengan bantuan sinar ultraviolet dari matahari, vitamin D tersebut akan diubah menjadi vitamin D. 


Jenis-Jenis Penyakit Kulit

1. Bisul                11. Kurap
2. Kudis               12. Jerawat
3. Herpes             13. Eksim
4. Campak            14Melanoma
5. Cacar air           15. Lepra
6. Ketombe           16. Infeksi Jamur
7. Panu                 17. Keloid
8. Sariawan           18. Lupus 
9. Kutil                 19. hives
10. Impetigo         20. Psoriasis
  ini adalah keimpulan dari menjaga agar kulit tetap sehat....

   Kulit mempunyai peran yang sangat penting karena adanya kulit, manusia terlindung dari berbagai macam seperti mikroorganisme yang berbahaya, sinar matahari, mengurangi kerusakan akibat terbentur, serta melindungi kontak langsung dengan zat kimia. Itulah ulasan tentang Pengertian,, dan Fungsi Kulit Beserta 20 Penyakit Kulit. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sekian dan terimakasih.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar