Sabtu, 11 Maret 2017

Kesehatan secara Sosial

     Nah,pasti teman2 sudah paham kan tentang kesehatan fisik maupun mental.sekarang saya akan menjelaskan kesehatan secara sosial.Kalau sehat secara fisik dan mental lebih mengarah pada inidividu atau pribadi maka sehat secara sosial mencakup keadaan yang lebih luas yaitu lingkungan hidup  dan lingkungan sosial seseorang. 

          Masyarakat yang sehat secara sosial merujuk pada  suatu keadaan dimana orang2 di dalam masyarakat tersebut mempunyai kesempatan yang sama terhadap semua akses yang menuju kepada kehidupan yang lebih baik (penyebaran kekayaan yang rata, kesempatan untuk berkarya yang tidak terlalu berbeda, perlindungan hukum yang sama dan masih banyak hal lain).

          Individu yang sehat secara sosial adalah seseorang yang mudah  bergaul  dengan masyarakat di sekelilingnya, seseorang yang bisa menerima keadaan dirinya dalam lingkungan tersebut dan seseorang yang bisa menerima segala peraturan yang berlaku dalam masyarakat itu dengan baik.

          Individu yang sehat secara sosial tentu saja hidup dalam sebuah lingkungan ekonomi dan sosial yang sehat pula.  Kedua faktor ini amat penting. Banyak sekali penyakit degeneratip dapat dihubungkan dengan kedua keadaan tersebut. Penyakit Jantung  dan Diabetes Mellitus II berhubungan erat dengan kondisi sosial, kondisi ekonomi bahkan kondisi politik setempat.

          Individu yang sehat secara sosial sesungguhnya adalah seorang yang mudah beradaptasi terhadap lingkungannya dan bisa menerima lingkungannya dengan baik.

Faktor2 berikut berhubungan erat dengan kesehatan sosial sesorang :

1.status pekerjaan dan penghasilan
2.tingkat pendidikan dan kemampuan berkarya
3.lingkungan sosial dan kehidupannya sehari-hari
4.lingkungan  fisik
5.perkembangan kehidupan yang sehat  sejak dalam kandungan
6.perkembangan kehidupan sejak bayi
7.pelayanan kesehatan setempat
8.fasilitas rekreasi dan kebugaan setempat

          Keadaan yang kurang atau tidak sehat timbul karena lingkungan dimana seseorang hidup, bertumbuh, bekerja dan menjadi tua merupakan lingkungan yang menuju ke keadaan sakit. Kondisi dimana orang hidup dan mati ternyata berhubungan erat dengan kekuatan politik, sosial dan ekonomi dalam kehidupannya.

          Menyadari ini semua , apa yang sebaiknya kita lakukan ? Semua ingin sehat secara fisik, sehat secara emosi/mental dan tentu saja sehat secara sosial. Sekarang kita tahu, ada begitu banyak  faktor  berhubungan dengan sehat secara sosial, bahkan beberapa di luar kemampuan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar