Selasa, 07 Maret 2017

Kesehatan mata

Pengertian Kesehatan Mata

        Dalam kehidupan sehari-hari seorang manusia perlu menggunakan indra yang dimilikinya agar  menerima rangsang yang ada,sehingga tubuh kita dapat memberikan respon pada sekitarnya.Setiap indra yang dimiliki manusia memiliki fungsi yang sangat penting. Untuk itu kita harus bisa merawat dan menjaganya agar tetap bekerja sesuai dengan fungsinya.
        Pastinya semua teman ingin kan memiliki kesempurnaan organ seperti mata yang sehat, tidak minus atau buram. Maka Didalam Blog saya Ini saya akan Menjelaskan Semua tentang Cara Merawat , Tips  untuk mata supaya sehat.Saya akan menjelaskan dengan lebih dalam dan lengkap tentang mata..
Okelah teman2 langsung saja kita dengar dan ikutin cara2nya.pertama-tama saya akan menjelaskan pengertian mata terlebih dahulu.

          Pengertian Mata
       Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.
Mata manusia memiliki cara kerja otomatis yang sempurna, mata dibentuk dengan 40 unsur utama yang berbeda dan kesemua bagian ini memiliki fungsi penting dalam proses melihat kerusakan atau ketiadaan salah satu fungsi bagiannya saja akan menjadikan mata mustahil dapat melihat. Lapisan tembus cahaya di bagian depan mata adalah kornea, tepat dibelakangnya terdapat iris, selain member warna pada mata iris juga dapat mengubah ukurannya secara otomatis sesuai kekuatan cahaya yang masuk, dengan bantuan otot yang melekat padanya. Misalnya ketika berada di tempat gelap iris akan membesar untuk memasukkan cahaya sebanyak mungkin. Ketika kekuatan cahaya bertambah, iris akan mengecil untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata.
      Ketika cahaya mengenai mata sinyal saraf terbentuk dan dikrimkan ke otak, untuk memberikan pesan tentang keberadaan cahaya, dan kekuatan cahaya. Lalu otak mengirim balik sinyal dan memerintahkan sejauh mana otot disekitar iris harus mengerut. Bagian mata lainnya yang bekerja bersamaan dengan struktur ini adalah lensa. Lensa bertugas memfokuskan cahaya yang memasuki mata pada lapisan retina di bagian belakang mata. Karena otot-otot disekeliling lensa cahaya yang datang ke mata dari berbagai sudut dan jarak berbeda dapat selalu difokuskan ke retina.

      Ini adalah beberapa gangguan pada mata yaitu:
Gangguan-ganguan tersebut bisa disebabkan oleh udara yang tidak bersih atau terpolusi, radiasi sinar matahari, radiasi akibat terlalu lama di depan komputer, dan gangguan-gangguan lainnya.
Gangguan kesehatan mata yang umum terjadi adalah penurunan fungsi penglihatan, gejala mata merah tanpa ada penurunan fungsi penglihatan, dan mata merah dengan fungsi penglihatan turun. Sampai saat ini, penyakit mata yang banyak diderita adalah katarak, glukoma, dan infeksi.

     Perkembangan Pengetahuan tentang Kesehatan Mata
Seiring dengan meningkatnya perhatian dan pengetahuan pengaruh gizi terhadap kesehatan, khususnya kesehatan mata menyebabkan pesatnya pertumbuhan pasar terhadap produk-produk kesehatan, makanan obat, makanan kesehatan, obat kesehatan, suplemen makanan, suplemen kesehatan, obat herbal, obat alamimata. Sebagian besar produk-produk untuk kesehatan mata yang dipasarkan sekarang berbentuk suplemen, makanan obat, makanan kesehatan, obat kesehatan, suplemen makanan, suplemen kesehatan, obat herbal, obat alami.

    Senyawa2 yg dapat menyehatkan mata seperti:
            1. Lutein suatu kelompok senyawa karotenoid berwarna kuning yang banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau. Lutein terdapat di macula dan dipercaya dapat melindungi mata dari kerusakan oksidatif oleh sinar radiasi ultraviolet (UV).

           2.Macula berada di tengah-tengah retina dan bersebelahan langsung dengan lensa mata. Macula merupakan daerah kecil yang mengandung jutaan sel yang membantu menghasilkan penglihatan yang tajam untuk membaca atau melihat obyek dengan jelas.

           3.Senyawa karotenoid lain yang terdapat di dalam macula adalah adalah zeaxanthin, yang diketahui dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mata.
  Sampai saat ini aktivitas antioksidan dari senyawa lutein, zeaxanthin, dan astaxanthin memberi jawaban mekanisme terjadinya peningkatan kesehatan mata. Radikal bebas yang berasal dari sinar UV atau cemaran udara, masuk ke mata mengakibatkan terjadinya reaksi oksidasi molekul-molekul rentan pada lensa mata.

   Perawatan Kesehatan Mata
Agar mata bisa terjaga kesehatannya, ada baiknya kita melakukan tips perawatan kesehatan mata berikut ini :
1. Makanlah makanan yang bergizi lengkap hal ini akan baik untuk kesehatan mata juga, pada umumnya makanan yang baik untuk mata ialah yang banyak mengandung vitamin A dan karoten yang tinggi seperti pepaya, wortel, mangga,dll.
2. Istirahat dan tidur yang cukup sehingga mata cukup istirahat.
3. Jagalah intensitas di depan komputer atau TV. Jangan dipaksakan kalau mata sudah benar-benar lelah. Bahkan kalau perlu rehatlah sejenak setelah didepan computer selama dua jam. Atur sedemikian rupa fitur-fitur monitor agar tidak membuat mata menjadi cepat lelah dan aman untuk mata.
4. Jangan mengucek mata, apabila diperlukan pakailah air mata sintetis yang dapat membantu mengurangi rasa gatal karena dapat mempercepat pembilasan benda asing tersebut dari mata sehingga rasa gatal dapat segera hilang.
5. Membacalah dengan jarak pandang yang ideal dan dengan penerangan yang cukup.
6. Lakukan pemeriksaan mata secara rutin, dan segerakan pergi ke dokter apabila terjadi hal yang sekiranya menganggu mata anda dan berakibat bebahaya.

    Disini saya akan memberikan kesimpulan dari penjelasan di atas;

   Kesimpulan:

 Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual. Dengan menjaga kesehatan mata, maka kita telah bersyukur dengan apa yang telah kita miliki. Tidak hanya itu, dengan menjaga kesehatan mata kita maka mata akan berfungsi sebagai mana mestinya sehingga tidak mengganggu aktivitas kita.
semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita. Amin…





1 komentar: