Senin, 13 Maret 2017

Menjaga kesehatan Tulang

          Menjaga kesehatan tulang memang penting. Pasalnya, semakin tua seseorang, maka cenderung mengalami masalah degenerasi termasuk di bagian tulang. Salah satu efeknya adalah kemunculan osteoporosis. Tulang menjadi rapuh karena banyak kalsium yang terlepas.
        Oleh karena itu, menjaga tulang harus sejak usia dini. Dengan menjaga tulang sejak muda, kesehatan tulang lebih terjaga sampai lama. Degenerasi pada tulang berjalan lebih lambat dibanding tanpa upaya pencegahan. 
Berikut ini adalah beberapa cara menjaga agar tulang tetap sehat,yaitu;
1. Berjemur di pagi hari
Pagi hari merupakan waktu yang baik untuk memperoleh sinar matahari yang kaya akan vitamin D. Vitamin D sangat baik untuk kesehatan tulang. Hanya dengan 10-20 menit bejemur di bawah terik matahari antara jam 7-9 pagi, maka Anda sudah mengurangi resiko terkena patah tulang sebanyak 30%.

2. Rutin berolahraga
Dengan berolahraga tulang dan otot menjadi kuat. Waktu yang paling tepat pada esok dan sore hari. Aktivitas yang dilakukan seperti jalan santai.

3. Mengkonsumsi bawang merah dan bawang putih
Bumbu dapur diatas dapat dimanfaatkan untuk menjaga tulang Anda, dikarenakan mengandung zat belerang yang mampu menjaga kesehatan tulang.

4. Menghindari minuman bersoda
Perlu diketahui juga bahwa minuman bersoda dapat mengurangi kadar kalsium dalam tulang sehingga berdampak pada keroposnya tulang.

5. Mengkonsumsi buah-buahan
Buah-buahan merupakan makanan penting yang diperlukan bagi tulang. Adapun buah yang dapat menjaga kesehatan tulang seperti:
  • Nangka - Magnesium yang terdapat pada buah nangka memberikan perlindungan terhadap kesehatan tulang. Dengan terlindunginya tulang maka dapat mencegah penyakit-penyakit tulang seperti osteoporosis.
  • Pisang - Pisang kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, magnesium, fosfor, zat besi dan kalsium. Kalsium yang terkadung sangat baik untuk kesehatan tulang.
6. Minum susu
Susu kaya akan kalsium yang berfungsi untuk menguatkan tulang. Konsumsilah susu secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.
        Tulang yang sehat merupakan impian setiap orang.Lakukan kebiasaan2 yang dapat menjaga kesehatan tulang kita agar masa tua kita terasa lebih menyenangkan.Untuk itu,mari jaga kesehatan tulang sejak sekarang jika tidak ingin menyesal dikemudian hari. Maka dari itu mulai sekarang kita harus merawatnya.
Cukup sekian ,semoga ini bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar