Senin, 20 Maret 2017

Menjaga Kondisi Kesehatan Hepatitit

            Hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. masuknya virus hepatitis akan menyerang organ penting hati. penyakit hepatitis juga dikenal dengan istilah Hepatitides, yang termasuk penyakit yang perlu diwaspadai sebab bisa mengakibatkan kerusakan hati apabila sudah terlalu parah. ada tingkat keparahan penyakit hepatitis dari mulai hepatitis A, B, C, yang paling parah ialah hepatitis C. kondisi ini bisa mengakibatkan penderitanya akan mengalami penurunan fungsi hati. tetapi sebelum hepatitis terjadi di mulai tingkat awal yaitu hepatitis A. karena penyebab penyakit hepatitis disebabkan oleh infeksi virus sehingga bisa menular pada orang lain. karena itu lebih hati hati menjaga kesehatan tubuh agar tidak terinfeksi maupun tertular dengan penderita penyakit hepatitis. semua orang bisa mengalami penyakit hepatitis, sebab ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hepatitis.

          Hepatitis dapat berlangsung singkat (akut) kemudian sembuh total atau malah berkembang menjadi menahun (kronis). Tingkatan keparahan hepatitis bervariasi, mulai dari kondisi yang dapat sembuh sendiri (self limited) dengan penyembuhan total, kondisi yang mengancam jiwa, menjadi penyakit menahun, hingga kondisi organ hati yang tidak berfungsi lagi (yang disebut kegagalan fungsi hati). Jika kondisi terakhir ini terjadi maka untuk penanganannya membutuhkan transplantasu atau cangkok hati.

         Serangan hepatitis akut dapat terjadi tiba-tiba tanpa gejala awal atau bertahap. Umumnya, hepatitis akut berlangsung dalam periode waktu 1-2 bulan. Kerusakan hati yang terjadi pada heoatitis akut biasanya hanya mengenai sebagian kecil jaringan saja. Namun pada kasus yang jarang, misalnya pada saat daya tahan tubuh pasien terlalu rendah, hepatitis akut dapat mengancam jiwa.

Pencegahan Penyakit Hepatitis

          Terjadi nya penyakit hepatitis banyak orang yang tidak menyadari nya karena di gejala penyakit hepatitis terkadang tidak dialami, dan jika sudah berkembang gejala nya baru akan dirasakan. Namun jika penyakit hepatitis mengalami penyakit menimbulkan gejala pun, maka gejala nya hanya gejala ringan. Gejala ringan seperti pusing kepala ,gangguan  pada pencernaan, demam, nyeri sendi merupakan gejala hepatitis yang bisa dialami setelah infeksi terjadi. Gejala hepatitis memang ringan tetapi bisa semakin berkembang jika di diamkan dan tingkat keparahan nya pun bisa semakin bertambah. Oleh sebab itu sebaik nya penyakit hepatitis diobati. Pengobatan hepatitis bisa di lakukan untuk menghentikan infeksi sehingga tidak akan semakin bertambah buruk penyakit hepatitis. Mengobati penyakit hepatitis bisa di lakukan di rumah sakit setelah pemeriksaan darah. Dan pengobatan secara intensif di lakukan agar virus yang ada di dalam tubuh tidak semakin berkembang menginfeksi dan akan menyebabkan gangguan pada kesehatan semakin parah. Setelah pengobatan di lakukan sebaik nya melakukan pencegahan penyakit hepatitis, karena ada kemungkinan jika virus menginfeksi tubuh kembali dan menginfeksi lebih parah di bandingkan sebelum nya. Jika ingin melakukan pencegahan bisa dengan melakukan cara seperti yang ada di bawah ini :
  • Menjaga kebersihan
          Pencegahan penyakit hepatitis bisa di lakukan dengan mudah, karena jika ingin melakukan pencegahan penyakit hepatitis yang harus di lakukan yaitu menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan akan membantu untuk pencegahan penyakit hepatitis. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan lingkungan serta kebersihan makanan, yang akan masuk ke tubuh. Karena banyak penyebab hepatitis yang terjadi karena makanan yang di konsumsi kebersihan nya tidak terjaga dengan baik oleh sebab itu dapat menyebabkan penyakit hepatitis.
  • Makan makanan matang
          Selain makanan yang bersih, pencegahan penyakit hepatitis bisa dilakukan dengan mengurangi makan makanan yang mentah agar tidak akan menyebabkan penyakit hepatitis. Dan tidak hanya pada makanan, air mentah yang belum di masak sebaik nya juga tidak di konsumsi untuk pencegahan penyakit hepatitis.
  • Hindari alkohol
          Pencegahan penyakit hepatitis pun dengan menghindari minum minuman tidak sehat seperti minuman keras yang mengandung alkohol di dalam nya. Karena alkohol tidak baik untuk hati, dan alkohol pun dapat memicu penyakit hepatitis jika di konsumsi.oleh sebab itu baik nya memperbanyak minum air putih saja dibandingkan terlalu sering minum minuman yang mengandung alkohol.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
          Pencegahan penyakit hepatitis yang baik yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh karena jika daya tahan tubuh kuat maka serangan virus hepatitis dari luar pun bisa diatasi dengan baik oleh imun tubuh yang kuat.
  • Tidak berbagi barang pribadi
          Barang barang yang pribadi memang seharus nya di gunakan seorang diri dan tidak di gunakan oleh orang lain, karena barang barang pun bisa menularkan penyakit. Oleh karena itu pencegahan penyakit hepatitis dengan menjaga barang pribadi dengan baik sehingga tidak di gunakan oleh orang lain. Jika di gunakan oleh orang lain maka sebaik nya gunakan barang yang baru.
Sekian terimakasih...semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar